Takut Data Pribadimu Bocor? Tidak Usah Khawatir, Dosen Undiksha, Berbagi Ilmu Pengamanan Data

Singaraja 20/05/20 . Pengolahan data akan menghasilkan informasi yang sangat berharga guna memberikan arah dalam usaha-usaha perbaikan kualitas hidup baik dalam bentuk layanan, pengambilan keputusan, dan lain-lain. Namun demikian, informasi yang diperoleh dari data tersebut juga rentan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam kuliah ini akan dijelaskan beragam jenis data pribadi, bagaimana data tersebut menjadi sangat sensitif, beberapa penyebab terjadinya pencurian data, dan bagaimana kita dapat menjaga sejauh mungkin data pribadi kita serta apa yang harus dilakukan apabila terjadi kasus-kasus bobolnya data dalam sistem yang melibatkan kita di dalamnya. Kuliah ini diharapkan dapat menciptakan sebuah kesadaran (awareness) terhadap pentingnya data pribadi kita.

Data pribadi merupakan salah satu sasaran utama pihak-pihak tersebut dimana data pribadi tersebut baik secara langsung maupun kombinasi dengan data lainnya dapat merujuk pada identitas satu individu tertentu. Regulasi sudah tentu memegang peranan sangat penting. Tapi regulasi tidaklah berarti bila pemilik datanya sendiri atau lingkungan di sekitarnya tidak secara sadar menjaga data sensitif yang dimilikinya.

Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D. atau akrab disapa Pak Yota merupakan salah satu dosen Teknik Informatika Undiksha. Pengalaman beliau menempuh pendidikan di Luar Negeri serta berbagai penelitian yang telah beliau selesaikan akan sangat bermanfaat untuk dibagikan. Bidang keilmuan yang beliau dalami adalah Informatika Kesehatan. Beliau menyelesaikan studi S1 dan S2 di ITS Surabaya dan S3 di University of Groningen dengan topik disertasi terkait pengamanan data personal dalam proses bagi data di bidang radiologi

Untuk link formulir pendaftaran dapat diakses pada laman https://undiksha.ac.id/form-kuliah-data-pribadi-permasalahan-dan-pengamanannya/ dan link youtube: https://youtu.be/vl0Dzdl62QM. (SWW)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *