Home » Kurikulum

Kurikulum

Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Ganesha berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

 

Sebelumnya Perguruan Tinggi bernaung dibawah Dirjen Pendidikan Tinggi. Perubahan tersebut berdampak pada perubahan yang terjadi pada kurikulum yang diterapkan pada Perguruan Tinggi. Prodi Ilmu Komputer sendiri telah menggunakan tiga kurikulum sejak awal berdiri yaitu tahun 2018. Adapun kurikulum yang telah digunakan adalah kurikulum 2016 yang berlaku pada tahun 2018. Kemudian kurikulum 2019 pada tahun 2019. Tidak berselang lama, pergantian susunan kabinet kementrian memberikan sebuah inovasi baru dalam kurikulum. Tepat pada tahun tahun ajaran 2020/2021 menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan Kampus merdeka yang tentunya menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal tersebut juga memberikan perubahan pada capaian pembelajaran program studi, pemetaan struktur mata kuliah dan lain sebagainya. Diharapkan dengan penyesuaian kurikulum memberikan kemudahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan Indonesia.

Untuk mencapai visi misi dan tujuan, program studi Ilmu Komputer mengadopsi Pendidikan Berbasis Outcome – PBO (Outcome-based Education). Lulusan program studi Ilmu Komputer diharapkan dapat mencapai beberapa hal yang dijabarkan pada tabel berikut ini:

PEODeskripsiIndikator
PEO 1
Lulusan yang memiliki karir profesional dan dapat menunjukkan kompetensi di bidang ilmu komputer sesuai standar nasional dan internasional.Memiliki sertifikasi nasional atau internasional di bidang teknologi informasi.
Dipekerjakan oleh perusahaan nasional dan internasional di bidang ilmu komputer atau bidang terkait
PEO 2Lulusan yang menunjukkan sikap profesional, menciptakan suasana yang nyaman dan harmonis, menunjukkan komitmen terhadap perkembangan berkelanjutan dalam Ilmu Komputer yang dapat berkontribusi kepada masyarakat.Bergabung dengan organisasi profesi di bidang ilmu komputer, baik nasional maupun internasional
Terlibat secara aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas ilmu komputer dengan nilai-nilai kemanusiaan, pengembangan ilmiah dan profesional
Menjadi pelaku usaha di bidang teknologi informasi sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat
PEO 3Lulusan yang mampu belajar sepanjang hayat di bidang ilmu komputer, dan menghasilkan solusi inovatif berdasarkan penelitian, dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.Memiliki pengalaman dalam penelitian akademis dan teknis
Menghasilkan publikasi akademik di bidang ilmu komputer
Menciptakan produk teknologi informasi yang inovatif
Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi