Home » Penelitian dan PkM

Penelitian dan PkM

Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Beberapa hibah penelitian telah diterima dosen Ilmu Komputer pada tahun 2020. Penelitian yang dihasilkan dideseminasikan dalam bentuk publikasi dan bahan ajar. Hibah tidak hanya diterima oleh individu dosen tersebut, namun juga kelompok riset Data Science yang baru dibentuk akhir tahun 2019.

Civitas akademika program studi ilmu komputer juga aktif dalam kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa yang dituangkan dalam salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sasaran pengabdian tidak hanya kelompok sadar wisata, namun hingga pendidikan sekolah menengah kejuruan dan sederajat. Tentunya hal ini dilakukan demi upaya penyampaian ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan terkini dalam bidang ilmu komputer dan informatika.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 adalah pelatihan Augmented Reality kepada SMK N 1 Sukasada, Pelatihan Komersialisasi Digital Daerah Wisata Ambengan dan Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Visit Ambengan. Ketiga penelitian tersebut didanai oleh Universitas Pendidikan Ganesha.

Pelatihan Augmented Reality berdasar pada maraknya penggunaan teknologi tersebut. Selain itu pada SMK N 1 Sukasada memiliki potensi yang cukup besar pada SDM dan prasarananya. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dari proses penentuan marker dan pengkodean untuk perilaku aset. Pelatihan AR yang dilakukan menggunakan platform Vuforia.

Kegiatan pengabdian lainnya adalah pelatihan komersialisasi dan sosialisasi sistem informasi visit ambengan. Kegiatan ini dilakukan pada kelompok sadar wisata daerah ambengan. Potensi wisata di daerah ambengan sangat besar. Terdapat beberapa air terjun memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut belum dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk itu pelatihan pemanfaatan media sosial dan pembuatan logo yang digunakan sebagai identitas wisata dilakukan pada kegiatan pengabdian tersebut.